Selasa, 26 Agustus 2014

Anggaran Dasar

ANGGARAN DASAR
FORUM KOMUNIKASI BURSA KERJA KHUSUS KOTA CIREBON
(FORKA - BKK KOTA CIREBON)

MUQADIMAH

1.  Pendahuluan
Bursa Kerja Khusus adalah suatu organisasi struktural di tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) yang dibentuk oleh Sekolah dengan legalitas Dinas Tenaga Kerja Kerja (Disnaker), guna membantu menyalurkan dan menempatkan tamatannya untuk memasuki dunia kerja.
Ditingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah dibentuk organisasi Bursa Kerja Khusus (BKK), sedangkan ditingkat Kota Cirebon telah terbentuk Forum BKK sebagai wadah dari organisasi BKK SMK.
Tahun 2014 tepatnya tanggal 12 Juni 2014 di Kota Cirebon  telah dibentuk Forum Bursa Kerja Khusus SMK yang disingkat FK-BKK SMK Kota Cirebon, yang beranggotakan seluruh BKK SMK di Kota Cirebon yang bertujuan untuk menyalurkan dan penempatan tamatan SMK di Kota Cirebon dan Sekitarnya, guna mensukseskan program provinsi Jawa Barat sebagai Provinsi yang menyiapkan 2 juta kesempatan kerja, sehingga sekolah menengah kejuruan dapat ikut andil dalam mengurangi angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan di Jawa Barat.


2. Latar Belakang
Ø Meningkatnya pengangguran khususnya tamatan SMK dan SMA yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, jumlahnya semakin meninggkat perlu dicarikan jalan keluar.
Ø Besarnya jumlah pencari kerja merupakan aset yang mendukung pembangunan nasional.
Ø Mengoptimalkan peran Bursa Kerja Khusus (BKK) dan F-BKK SMK dalam penempatan tenaga kerja.
Ø Mensukseskan program Propinsi Jawa Barat sebagai Propinsi yang menyiapkan 2 juta kesempatan kerja, untuk dimengurangi angka pengangguran dan mengentaskan angka kemiskinan di Jawa Barat.

3. Tujuan
1.    Mempererat hubungan kerjasama dalam penempatan tenaga kerja dengan dunia industri sebagai pengguna (user) tenaga kerja.
2.    Meng-optimalkan peran Bursa Kerja Khusus (BKK) dan Forka-BKK SMK untuk dapat turut serta merespon dinamika hubungan industrial khususnya dalam penempatan tenaga kerja.
3.    Menjembatani dan mempertemukan pencari kerja dengan industri yang membutuhkan tenaga kerja.
4.    Menyalurkan tamatan/lulusan SMK dan SMA di wilayah Kota Cirebon dan sekitarnya ke dunia industri.

5.    Mendapatkan umpan balik dari dunia industri tentang persipan alumni untuk memasuki dunia kerja.

0 komentar:

Posting Komentar